17 Cara Dan Ideas Sukses Memulai Usaha Dari Nol

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, suatu hal penting yang perlu diperhatikan yaitu manajemen keuangan. Sebuah bisnis yang besar tingkat manajemen keuangannya akan sangat kompleks dan rumit. Berbeda dengan bisnis yang kecil tetapi hal ini tetap tidak boleh diremehkan oleh para pebisnis. Misalnya sebuah studi kasus seseorang pelaku bisnis kecil-kecilan tanpa memikirkan keberlanjutan usahanya ketika mendapat penghasilan langsung dipakai untuk keperluan pribadinya.

Sama halnya dengan bisnis di sebuah perusahaan yang membutuhkan strategi untuk bisa meraup revenue sesuai yang telah ditargetkan perusahaan. Tidak sedikit perusahaan yang membebani ini kepada para pegawainya sehingga mereka harus bisa memberikan inovasi di saat perusahaan membutuhkan solusi saat bisnisnya sedang merosot. Untuk itu, para karyawan juga perlu mempelajari strategi bisnis yang baik agar perusahaan bisa tetap berjalan dan memperoleh keuntungan di segala kondisi. Dengan berubahnya kebiasaan dan gaya hidup orang banyak akibat pandemi ini, banyak pula peluang baru yang muncul. Walaupun demikian, memulai bisnis di tengah pandemi tentu memiliki tantangan dan risiko. Berikut beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di tengah pandemi.

Karena memulai dari modal kecil, Putri mengantisipasi pertumbuhan bisnis PVRA secara bertahap. Modal kita tidak besar, jadi ekspansi ataupun produksi hingga sekarang pun harus tetap disesuaikan dengan modal yang ada,” paparnya. Hal ini juga diterapkan misalnya saat akan membuka gerai baru misalnya. Dirinya biaya tenaga kerja, dekorasi, dan pengiriman dihitung dengan seksama sesuai budget yang ada.

Dan untuk membangun bisnis sendiri dari nol di bidang usaha apapun, ada satu hal yang paling penting dilakukan yaitu go online. Hampir semua orang saat ini sudah terpapar dengan dunia digital. Nah, hal ini bisa menjadi peluang menjanjikan bagi bisnis digital untuk meraih target market sebanyak-banyaknya.

Memulai Bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis, kamu akan mencurahkan banyak waktu dan energi untuk membangunnya menjadi perusahaan yang sukses. Jika perlu menulis kontrak, dan Anda bukan pengacara, tidak ada salahnya untuk menyewa pengacara. Anda mungkin akan mengeluarkan lebih banyak uang untuk ini, tetapi semuanya akan berjalan lancar dan tidak akan sia-sia. Di sisi lain, hanya karena memulai bisnis, tidak berarti Anda harus menjadi ahli dalam segala hal. Jika Anda bukan seorang akuntan, pekerjakan orang untuk membantu dalam hal itu. Lebih baik lagi, carilah mentor atau jika Anda memenuhi syarat, ajukan permohonan untuk program memulai bisnis seperti yang disediakan di beberapa tempat.

Observasi apa yang diminati dan dibutuhkan saat ini, lalu lakukanlah sekarang. Jika sebelum pandemi kamu masih mempertimbangkan ‘gengsi’ dalam usahamu sendiri, maka hal tersebut tak lagi bisa dilakukan pada kondisi sekarang. Alih-alih mementingkan gengsi, kamu perlu meluruskan tujuan utamamu dalam berbisnis.

Jika kamu ingin mendapatkan konsumen yang setia, kamu harus membuat promosi untuk melakukan pendekatan dengan para konsumen. Dengan begitu, konsumen yang sebelumnya membeli produk atau menggunakan jasamu akan datang kembali, bahkan bisa mendatangkan konsumen baru. Dari sisi psikologi sendiri, perusahaan makanan biasanya memilih warna-warna cerah karena dianggap lebih menarik, lebih jelas, dan dapat mendorong pembelian impulsif.