Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghormati Jasa Para Pahlawannya

Perjuangan beliau tidak mudah, mengalami berbagai rintangan karena menentang keras perlakuan posisi wanita “nrimo“ di masyarakat, keluarga dan, pemerintah di Indonesia. Untuk mengisi aktivitas Hari Pahlawan dan Hari Kemerdekaan untuk menumbuhkan sikap patriotisme, biasanya digelar pawai budaya di berbagai kota. Di Surabaya, contohnya, setiap tahunnya untuk memperingati Hari Pahlawan, digelar ‘Parade Joeang’ pada bulan November. Hal ini untuk mengenang jasa para pahlawan dalam Pertempuran Surabaya 1945. Dalam kegiatan ini, Anda bisa menyaksikan teatrikal Pertempuran Surabaya, parade budaya dari provinsi-provinsi di Indonesia, dan sebagainya.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Setelah kemerdekaan Indonesia , ia menjadi anggota Badan Pekerja KNIP , yang bertugas sebagai badan legislatif di Indonesia sebelum terbentuknya MPR dan DPR. KNIP diserahi kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan garis-garis Besar Haluan Negara. Aplikasi Mobile Banking dari Danamon yang memiliki banyak fitur dan kelebihan, untuk membuat hidup kamu lebih mudah dan nyaman. Anda pun bisa berpartisipasi dalam acara ini, seperti turut serta dengan komunitas reenactor . Di sini Anda dapat merasakan semangat patriotisme lewat teatrikal peperangan. Ditambah dengan pakaian seperti pejuang dan tentara di masa tersebut, membuat Anda semakin merasakan jiwa patirotisme.

Karena nantinya nama itu akan dipakai sebagai identitas dirinya selama hidup. Penting untuk difahami, bahwa pada saat Kyai Hasyim belajar di Mekkah, Muhammad Abduh melancarkan gerakan reformasi pembaharuan pemikiran Islam. Gagasan reformasi pembaharuan Abduh itu, pertama-tama mengajak ummat Islam untuk memurnikan kembali Islam dari pengaruh dan praktek keagamaan yang bukan berasal dari Islam. Ketiga, mengkaji dan merumuskan kembali doktrin Islam untuk disesuaikan dengan kebutuhan- kebutuhan kehidupan fashionable. Semasa hidupnya, opini Kartini seringkali ditentang oleh masyarakat di sekitarnya karena saat itu banyak yang menganggap tidak sesuai dengan norma yang ada. Namun Kartini tetap menyuarakan pendapatnya dan memiliki keyakinan bahwa seorang perempuan harus berani, belajar dan terus mengejar cita-cita yang dimilikinya.

Ikut membantu dan membawa NU ke dalam pergerakan nasional menghadapi tindakan-tindakan keras pemerintah kolonial. Merupakan seorang tokoh yang menggagas pendirian Tentara Sukarela Muslimin di Jawa “Hizbullah”, yang kelak dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia memberikan sumbangsih yang besar. Jenderal Polisi R. Said Soekanto” yang dimuat harian Kompas, 25 Oktober 1981, hlm.

Menghormati jasa pahlawan tentu bukan hanya “mengenang masa lalu” selama sehari dalam setahun. Kita harus berterima kasih pada para pahlawan, yang memungkinkan kita setiap hari menghirup suasana yang merdeka, dapat belajar dan bekerja dalam suasana kebebasan. Salah satu manfaat dari ditetapkannya figur-figur pahlawan dan penghormatan atas mereka pada hari pahlawan ialah agar generasi-generasi berikut dapat memiliki contoh keteladanan dalam hidup bersama. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”, kata Bung Karno pada Hari Pahlawan, 10 November 1961. Setiap tahun kita diajak untuk mengenang jasa para pahlawan, baik yang nama-nama dan foto-fotonya kita kenal, maupun para pahlawan yang tak dikenal.

Di Indonesia, tanggal 10 November 2014 diperingati sebagai Hari Pahlawan. Jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan seperti yang tergambar dalam peristiwa 10 November 1945 di Surabaya, bagaimana pun, tidak terbantahkan. Beliau memperjuangkan hak perempuan agar sejajar dengan laki-laki, hak untuk mendapatkan pendidikan, dan bisa beraktifitas dan bekerja di luar rumah. Seperti pendapat para ulama bahwa perempuan juga memiliki hak dan kemampuan yang sama untuk melakukan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan laki-laki. Pada saat itu R.A Kartini dikenal cerdas, pemberani, pejuang bagi kaumnya.