Ideas Memilih Bisnis Franchise Bagi Usahawan Pemula

Selain menyalurkan hobi, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Hanya bermodalkan laptop dan kreativitas, Anda bisa memulai bisnis ini dengan mudah tanpa harus keluar rumah. Tentu saja Anda harus menyesuaikan tulisan dengan pasar yang ingin Anda tuju. Misal, Anda ingin menulis tentang resep-resep makanan, maka blog yang ditulis ditujukan untuk ibu rumah tangga. Sebut saja seperti melakukan riset pengembangan usaha, membuka usaha kecil lainnya, atau belajar. Dalam hitungan bulan, ia bisa memperluas usahanya agar dalam sehari dirinya bisa menargetkan 40 pelanggan.

Pastikan juga franchise yang kamu bidik memiliki produk beragam. Saat berbincang dengan Qasir, Rosie mengungkapkan, ide membangun bisnis ini berasal dari makanan favoritnya, gorengan serta hobinya memasak. Saat ini, perusahaan telah memiliki 10 cabang milik pribadi dan four cabang dengan sistem franchise.

Berhati - hati dalam membuka usaha

Salah satunya adalah agar dapat menjaga arus kas dan mempersiapkan struktur modal. Keluar masuknya uang kas perusahaan harus terus dipantau karena berkaitan erat dengan pemasukan dan pengeluaran. Di dalam uang kas juga terdapat modal yang harus dikeluarkan ketika melakukan produksi atau operasi. Pelajari selengkap mungkin dan kembangkan rencana untuk selalu taat terhadap pajak untuk bisnis Anda. Jika lebih rumit daripada yang ingin Anda tangani, pekerjakan seorang profesional untuk membantu Anda atau gunakan software akuntansi yang memiliki fitur perpajakan seperti Accurate Online.

Misalnya, gunakan Rp 2 juta dulu untuk modal awal dan jika ternyata bisnisnya terus berkembang boleh menambahkan modal lagi. Untuk modal, Aidil menyarankan agar memakai dana tabungan dan jangan ambil dari dana darurat. Ia menyimulasikan, jika saat ini seseorang memiliki tabungan Rp 30 juta, Rp 15 juta hingga Rp 20 juta bisa dialokasikan untuk dana darurat, sementara untuk modal bisa menggunakan sisanya, yakni Rp 10 juta. Pola pikir ketika memulai bisnis harus sama seperti akan berinvestasi suatu produk keuangan dengan risiko yang tinggi.

Pelaku bisnis yang biasa disebut produsen harus lebih giat dalam mencari peluang untuk kepuasan konsumen. Dalam pembangunan suatu usaha atau bisnis milik pribadi maupun perusahaan, selalu perlu yang namanya pencatatan. Mengatur segala pengeluaran dan pemasukan pada laporan keuangan sangat diperlukan untuk Anda seorang pebisnis maupun pengusaha. Karena begitu pentingnya laporan keuangan, hal ini pun menjadi basic ilmu keuangan yang harus diketahui.

Namun, tidak semua orang mengerti dan paham bagaimana membuat konten yang baik dan kreatif. Kalau kamu punya kemampuan di bidang ini, coba deh mulai pasarkan jasamu. Dalam konsep ini, bisnis yang ditawarkan bisa jadi belum terlalu menjanjikan dan belum didukung sistem yang mumpuni dari pusat. “Ada yang baru tiga bulan jalan sudah menawarkan kemitraan,” ujar Erwin.

Bagi pemula, Chen menyarankan untuk menemukan platform iklan berbiaya murah untuk menghemat biaya. Bahkan, jika belum memiliki anggaran, tak ada salahnya untuk memasarkan produk secara organik dari mulut ke mulut. “Sekarang adalah waktu terbaik untuk membangun perusahaan,” kata Chen, sebagaimana dilansir CNBC. Meskipun bisa dibilang hanya modal nekat, nyatanya presentasi produk secara nyata di tengah konsumen menimbulkan dampak yang positif terhadap brand. Tak ada bisnis yang bertahan tanpa ada kegiatan promosi yang efektif dan berkelanjutan.

Selain itu, Anda harus mengetahui kewajiban hukum Anda sebagai pemberi kerja sebelum Anda mempekerjakan seseorang. Beberapa hal dapat menenggelamkan bisnis lebih cepat adalah karyawan berkualitas buruk. Perhatikan kredensial pelamar dengan hati-hati, periksa secara on-line untuk melihat apakah ada tanda bahaya, dan pastikan mereka dapat melakukan jobdesk yang Anda berikan untuk bisnis Anda. Ingat, mereka bisa menjadi wajah bisnis Anda saat Anda tidak ada disana, bahkan untuk sehari. Putuskan berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk mengerjakan bisnis Anda dan mempekerjakan seseorang jika perlu. Cari tahu mana tujuan bisnis Anda dan tentukan rute Anda untuk sampai ke sana, selangkah demi selangkah.