Literasi Kelas Xi Cara Menghargai Orang Lain

Hal itu baik, namun, manusia memiliki caranya masing-masing untuk mengejar keinginannya. Ketahuilah bahwa tidak perlu menjatuhkan orang lain untuk membuat kamu maju, tidak perlu menginjak kepala orang lain untuk membuatmu naik. Faktanya, sering kali manusia lupa untuk menghargai manusia lain. Yaps kamu mungkin akan sedikit kesal dan tidak terima dengan perlakuan mereka, namun jika kamu tidak dapat merespon dengan bijak maka nilai kamu akan berkurang di mata orang lain. Selanjutnya kamu juga bisa menasihati orang itu agar bisa berlaku lebih sopan dan mau mencoba untuk saling menghargai. Jika memang dia seperti itu, maka kamu bisa mengambil kesimpulan kalau ternyata kamu memiliki teman yang sedikit suka membanggakan dirinya sehingga dengan tidak sadar ia mulai meremehkan pekerjaan orang lain.

apakah karakter, sudut pandang, latar belakang serta macam-macam perbedaan lainnya. Maka mari menjadikan hidup kita hidup yang senang menghargai perbedaan serta menghormati orang lain . Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Cara terbaik dalam mengajarkan perilaku ini adalah dengan memberi contoh. Seperti, di depan anak orang tua menggunakan kata “terima kasih”, “maaf”, atau menolong mereka yang memerlukan adalah pada esensinya mengajarkan anak bagaimana orang tua menginginkan anak untuk bersikap.

Bukan berarti kita ada orang yang tak bisa memperlakukan orang lain dengan hormat, maka hal yang sama perlu kita lakukan untuk “balas dendam”. Kemampuan menghargai orang lain sangat penting dimiliki. Hal ini akan mengurangi konflik dalam berhubungan sosial dengan orang lain.

Menghargai orang

Baik secara private, kehidupan bermasyarakat maupun bernegara dan berbangsa. Apa yang diperoleh oleh seseorang saat ini juga merupakan andil dan jasa dari pendahulunya. Bahkan di ranah Minang dikenal dengan pusako tinggi yang sudah diterima turun temurun. Artinya, pusako tersebut didapatkan bukanlah atas jerih payah dan banting keringat mendapatkannya. Mereka yang memanfaatkannya sekarang tinggal menikmati hasil dari pusako tersebut. Mereka tidak merasakan bagaimana susahnya mendapatkan pusako tersebut oleh para pendahulunya .

Selain itu pahamilah bahwa setiap orang memiliki waktunya yang pribadi sebagai cara membahagiakan diri sendiri. Berhati-hatilah untuk tidak mengganggu atau menyela ketika seseorang sedang melakukan sesuatu seorang diri. Anda perlu memastikan bahwa anak remaja Anda melihat Anda menunjukkan atribut dan perilaku yang Anda ingin mereka tiru. Kita tidak dapat merangkul keragaman dengan tetap mengatur cara, keyakinan, dan pemikiran kita, jadi terbukalah terhadap ide-ide baru.

Jadi tidak perlu ragu dan mikir kalau hanya ingin berbuat baik kepada orang lain. Menghargai dan menjaga perasaan seseorang itu juga merupakan hal yang baik kok. Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan warga yang tidak mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19 berarti tidak menghargai diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Tidak memaksakan atau mendiskriminasi orang lain yang berbeda pendapat atau pemikirannya.