Muslim, Menghormati Dan Menghargai Orang Lain

Sebagaimana umumnya setiap perilaku, sikap “menghormati orang lain” ini juga memerlukan proses pembiasaan sejak kecil. Dalam hal ini, orang tua memainkan peran yang sangat signifikan dalam mengajarkan anak bagaimana membentuk hubungan yang sehat dengan teman-temannya. Kemampuan sosial ini akan memudahkan anak mengutarakan perasaannya, berempati pada yang lain, dan bersikap kooperatif , serta dermawan.

Menghargai orang

Alangkah baiknya ketika sedang berbicara dengan orang lain, simpanlah gadget terlebih dahulu dan lakukan kontak mata dengan lawan bicara kita. Hal ini kelihatannya sepele, tapi jika kita terbiasa bermain gadget saat berbicara dengan orang lain, maka orang itu akan merasa tidak didengarkan dan tidak dihargai. Ketika berbicara dengan orang lain, selalu dahulukan mendengar sebelum merespon. Hal sesederhana ini sebenarnya termasuk cara menghargai orang lain yang seringkali lupa dilakukan.

Saat kamu kesulitan dan butuh bantuan kata tolong, dan terima kasih saat penting untuk kamu ucapkan, sebab dengan mengucapkan kata – kata tersebut kamu akan menghargai orang yang telah menolongmu. Jangan biarkan kata permisi, maaf, tolong, dan terima kasih jadi asing untuk kamu ucapkan. Karena manusia adalah makhluk sosial, maka akan terbiasa dengan saling bantu – membantu. Namun, dalam realitanya janganlah meremehkan bantuan orang lain sekecil apapun karena pekerjaan jika dibantu sekecil apapun akan lebih cepat terselesaikan.

Jika harapan seseorang diturunkan hingga titik nol, orang akan benar-benar menghargai semua yang dia miliki saat ini. “Seseorang yang tidak bisa menghargai diri sendiri, maka tidak akan pernah bisa menghargai orang lain.” “Ketika kamu merasa pendapatmu tak didengar, ketahuilah bahwa kamu sedang belajar tentang cara menghargai.” “Berhenti menghakimi orang lain, dan mulailah untuk menghargai mereka.” “Menghargai dan merasa senang atas keberhasilan orang lain berarti meningkatkan harkat diri sendiri.” Meski kamu lebih percaya diri dengan keputusan sendiri tidak ada salahnya juga mendengar saran baik dari mereka.

Kamu harus menunjukkan rasa terima kasih dengan kata-kata atau membelikannya hadiah. Namun jika kamu melakukannya dengan tidak tulus, hal itu akan sia-sia. Pastikan bahwa orang akan tahu jika kamu menghargai mereka dan tindakan mereka.

Berkarya artinya melakukan dan mengerjakan sesuatu sampai menghasilkan sesuatu yang menimbulkan kegunaan yang bermanfaat dan berarti bagi semua orang. Selain belajar menerima kekalahan, anak juga harus mampu menghormati tim lawan ketika menang. Artinya, tidak sombong dan menghargai kerja keras tim lawan.

Pemeriksaan terhadap Panitera dan Jurusita yang dituduh melanggar kode etik dilakukan secara tertutup. Panitera dan Jurusita wajib mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta memegang teguh rahasia Negara dan Rahasia jabatan sesuai dengan sumpah jabatannya. Panitera dilarang membawa pulang berkas perkara kecuali atas izin Ketua Pengadilan Agama.