5 Kontribusi Generasi Muda Yang Bisa Mewujudkan Mimpi Indonesia

Diperkirakan terdapat sekitar 6.000 rakyat Indonesia gugur serta ribuan penduduk meninggalkan kota akibat pertempuran ini. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuh kembangkan dalam jiwa setiap individu sejak usia dini yang menjadi warga dari sebuah negara atau bangsa agar tujuan hidup bersama dapat tercapai. Ketika semangat kepahlawanan masa kini terwujud melalui kerja keras di segala bidang, Indonesia justru masih disibukkan dengan persoalan-persoalan dalam negeri akibat ulah elite-elite yang ambisius. “Kita kehilangan momentum untuk melakukan konsolidasi secara nasional demi mempercepat pembangunan bangsa, meningkatkan daya saing di lingkungan melalui kerja-kerja yang produktif,” kata Andreas. Sebagai salah satu tahapan pembelajarannya, siswa diminta untuk memilih salah satu tokoh pejuang sebagai pahlawan yang menginspirasi.

Setahun kemudian Soeharso mendirikan dan menjadi Supervisor Rehabilitasi Centrum Penderita Cacat Tubuh di Surakarta. Pada tahun 1953 ia mendirikan Rumah Sakit Orthopedie di Surakarta, berikut Yayasan Pemeliharaan Anak-Anak Cacat. Yos Sudarso telah mengorbankan nyawanya untuk republik dan demi menyelamatkan rekan-rekannya. KRI Macan Tutul tenggelam bersama 24 orang yang ikut bersamanya sebagai kusuma bangsa. Pada tanggal three Maret 1946 ikut ekspedisi maritim dengan kapal Sindoro dan Semeru untuk mengobarkan semangat Proklamasi Kemerdekaan di Maluku. Yamin memiliki kekuatan yang luar biasa membaca, menulis, dan berpidato.

Menjadi seorang pejuang dalam kehidupan

Selain kerja keras yang harus dilakukan negara, masyarakat juga harus memberi dukungan dengan memberi penghormatan kepada para guru. Secara struktural, negara memang sudah berusaha menaikkan derajat guru. Melalui sistem sertifikasi diharapkan muncul guru-guru profesional yang mempunyai kompetensi dan mendapat gaji serta tunjangan yang layak. Apalagi drawback yang dihadapi guru sendiri juga beraneka ragam, seperti kebutuhan meningkatkan pengetahuan dan kapasitas diri melalui membaca buku atau web, kursus, juga seminar di sela-sela jam mengajar yang padat.

Pada tahun 2020, R Said Soekanto diusulkan untuk menerima gelar pahlawan nasional bersama dengan lima calon yang lain. Pada saat itu, para pemuda dari berbagai penjuru tanah air mengikrarkan diri untuk bersatu demi bangsa dan bernegara. Poin utama dari Sumpah Pemuda ini adalah bertanah air satu Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Meneladani semangat Sumpah Pemuda saat ini tidak harus berperang di medan juang.

Kemerdekaan adalah hak segala individu, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara bahkan peradaban manusia. Penjajahan di dunia harus di hapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan, perikeadilan dan nilai-nilai kemuliaan manusia. Kemerdekaan Indonesia adalah rahmat dan nikmat Allah swt atas perjuangan dan pengorbanan harta, darah dan nyawa para pejuang dan seluruh rakyat Indonesia. Kemerdekaan merupakan salah satu karunia besar dari Allahsubhaanahu wa ta’aalakepada hamba-Nya. Sebagaimana ni’mat-ni’mat lainnya Allahsubhaanahu wa ta’aalamemerintahkan kita untuk mensyukurinya. Sebab mensyukuri ni’mat akan menghasilkan pelipatgandaan terhadap nikmat-Nya.

Pribadi-pribadi bersifat pahlawan ini banyak di sekitar kita, karena mereka berjuang untuk melindungi. Negara, para pejabat negara dan para politisi mempunyai tanggung jawab besar untuk mewujudkan jiwa kepahlawanan di masa damai. Mereka sendiri harus memperlihatkan perilaku yang dapat diteladani, bukan malah ramai-ramai bertindak korup, saling menyalahkan atau mengelak dari tanggung jawab. Banyak kebiasaan buruk harus ditanggalkan oleh polisi dan aparat pemerintah yang langsung berhubungan dengan rakyat.

Kualitas dimaksud menurut Henry Cloud , yaitu memiliki perangkat kemampuan tertentu, membangun hubungan saling menguntungkan , dan berkarakter. Setidaknya, karakter yang dimaksud di sini adalah mencakup etika dan integritas. Integritas adalah bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi, walaupun dalam keadaan yang sulit untuk melakukannya. Secara sederhana, integritas menunjukkan keteguhan sikap, menyatunya perbuatan dan nilai-nilai moral yang dianut oleh seseorang.

Bahkan seorang mantan Mendikbud beberapa tahun yang silam setengah berseloroh pernah mengatakan bahwa di dunia ini hanya ada dua profesi, yaitu profesi guru dan yang lainnya. Hal ini membuktikan adalah sebuah keniscayaan apabila pendidik dikategorikan sebagai pahlawan di bidangnya dengan diberi tanda jasa, bukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa sebagaimana syair dalam lagu himne yang sering kita dengar selama ini. Kehadirannya telah membawa warna dan pengaruh yang harus diingat dan dicatat sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Cinta Tanah Air di gambarkan sebagai cinta pada negeri tempat memperoleh kehidupan, senantiasa dan berusaha agar negeri nya tetap aman, damai dan sejahtera. Yang melatarbelakangi Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan ialah peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di Wilayah Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda.

Ishwar Laksita nama yang bermakna orang yang terkenal dan bersemangat. Bunda dan Ayah bisa memberikan doa untuk Si Keci melalui sebuah nama. Semoga dengan nama ini, ia bisa tumbuh menjadi orang yang selalu bersemangat ya, Bunda. Ekawira Gulzar nama yang bermakna orang yang dipuja dan kebahagiaan. Ardiya Ekawira nama yang bermakna orang yang dipuja dan berjiwa berani.

Usaha Muhammad Abduh merumuskan doktrin- doktrin Islam untuk memenuhi kebutuhan kehidupan modern pertama dimaksudkan agar supaya Islam dapat memainkan kembali tanggung jawab yang lebih besar dalam lapangan sosial, politik dan pendidikan. Dengan alasan inilah Abduh melancarkan gagasan agar ummat Islam melepaskan diri dari keterikatan mereka kepada pola pikiran para Imam Mazhab dan agar ummat Islam meninggalkan segala bentuk praktek sufisme di tarekat-tarekat. Syaikh Achmad Khatib mendukung beberapa pemikiran Abduh, walaupun ia berbeda dalam beberapa hal. Beberapa santri Syaikh Achmad Khatib ketika kembali ke Indonesia ada yang mengembangkan gagasan-gagasan Abduh itu, di antaranya adalah KH Achmad Dahlan, yang mendirikan organisasi Muhammadiyah tahun 1912. Sementara Kyai Hasyim yang sebenarnya menerima gagasan-gagasan Abduh untuk membangkitkan kembali semangat memurnikan Islam, tetapi menolak pemikiran Abduh agar ummat Islam melepaskan diri dari keterikatan mazhab.